Mengenal Bagian-bagian Dari Toilet Portable

Mengenal Bagian-bagian Dari Toilet Portable

Mungkin bagi sebagian besar masyarakat Indonesia, istilah “Toilet Portable” atau “WC Portable” masih menjadi sesuatu yang asing. Sebenarnya toilet ini memiliki fungsi yang sama dengan toilet umum/toilet rumahan. Hanya saja WC portable penempatannya bisa dipindah-pindah sesuai kebutuhan. Toilet ini juga sengaja didesain sedemikian rupa agar bisa memenuhi fungsinya sebagai sarana sanitasi yang efektif. Bagian-bagian dari toilet ini didesain secara khusus agar tidak menimbulkan dampak negatif meski ditempatkan di tempat umum.

Bagian-bagian WC Portable

WC portable lazimnya menerapkan dua metode pembuangan limbah yakni menggunakan metode kuras/sedot dan menggunakan pipa saluran pembuangan. Toilet yang menerapkan lubang pembuangan dengan pipa tambahan, tersambung dengan saluran pembuangan yang sudah disediakan sehingga tidak memerlukan proses sedot/kuras. Sedangkan versi toilet kuras, menggunakan penutup DOP dan harus dikuras memanfaatkan jasa sedot wc jika septic tank sudah penuh. Secara umum bagian belakang toilet portable terdiri dari beberapa lubang.

  • Lubang ventilasi

Baik toilet umum maupun toilet mobile memerlukan lubang ventilasi atau Vent. Lubang ini berfungsi sebagai ventilasi dari septic tank yang terdapat di toilet. Jadi, seperti toilet rumahan, septic tank pada toilet mobile juga memerlukan pertukaran udara. Dengan keberadaan lubang ventilasi ini, udara yang ada di dalam septic tank bisa keluar bertukar dengan udara dari luar ruangan. Penggunaan lubang ventilasi ini dapat mengurangi bau tak sedap yang sering dikeluhkan pada toilet mobile.

  • Lubang drain

Lubang drain merupakan lubang yang digunakan untuk menguras habis isi septic tank toilet mobile. Pada toilet mobile yang terhubung dengan saluran pembuangan, lubang drain dihubungkan dengan pipa tambahan. Limbah bisa langsung masuk ke dalam saluran pembuangan tanpa harus disedot lagi. Toilet mobile lazimnya memiliki dua lubang drain dengan fungsi yang sama.

  • Lubang out di lantai

Selain lubang untuk mengalirkan limbah, toilet portable juga memiliki lubang yang digunakan untuk mengalirkan air cucian tangan yang jatuh ke lantai. Air yang terjatuh ke lantai akan mengalir memasuki filter air di lantai untuk kemudian disalurkan ke lubang pembuangan sehingga tidak menggenang di lantai. Di samping lubang ini, ada pula toren air yang terletak di atas toilet. Toren ini berisi air bersih yang digunakan untuk membersihkan toilet dan mengalirkan air ke keran wastafel.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *