Rumus Matematika Cara Menghitung Tinggi Kerucut

Rumus matematika untuk menghitung tinggi kerucut normalnya memang tidak dibakukan seperti halnya rumus luas kerucut dan rumus volume kerucut. Pasalnya, tinggi kerucut biasanya adalah data mentah yang ditentukan ketika bangun ruang kerucut dibuat.

Hanya saja, dalam prakteknya nanti, di ujian Anda akan dihadapkan pada berbagai macam soal dimana Anda diminta untuk menghitung tinggi kerucut dengan menggunakan data mentah berupa volume dan jari – jari alas kerucut.

untuk anda yang sedang mempelajari tentang rumus bangun ruang semisal kerucut, tabung ataupun kubus tentu saja anda sudah mempelajarinya di sekolah dasar nah jika anda kebetulan sedang ingin mempelajarinya lagi baik untuk keperluan mengerjakan soal ujian nasional ataupun untuk tes cpns misalnya tentu saja pada kesempatan kali ini bisa jadi solusi untuk anda, karena dibawah ini kami sudah siapkan penjelasan mengenai cara menghitung luas  kerucut atau cara menghitung tinggi kerucut dengan contoh soaln dibawah ini, simak penjelasannya.

Dalam kondisi seperti ini, Anda dapat membuat rumus matematika untuk menghitung tinggi kerucut sendiri dengan cara menurunkannya dari rumus volume kerucut. Caranya adalah sebagai berikut:

V = 1/3 x πr2 x t

Dari rumus tersebut, kita dapat membuat rumus baru yang nantinya bisa kita gunakan untuk menghitung tinggi bangun ruang kerucut. Rumus baru tersebut adalah:

T = (3xV) / (πr2)

Contoh: Sebuah kerucut memiliki jari – jari alas 7 cm dan volume 220 cm3. Berapakah tinggi bangun ruang kerucut tersebut?

T = (3 x 220) / (22/7 x 72)

T = (3 x 10) / (7)

T = 4,28 cm

menurut anda bagaimana contoh soal tentang kerucut diatas?? apakah membutuhkan penjelasan lebih baik atau ada saran untuk kami, jika dirasa masih membingungkan anda bisa menghubungi kami dikolom komentar atau di halaman hubungi kami.

Nah, jadi bagaimana? Apakah Anda sudah memahami bagaimana cara memformulasi dan menggunakan rumus matematika untuk menghitung tinggi kerucut sendiri? Atau Anda masih bingung? Jika masih bingung silahkan ajukan pertanyaan melalui menu komentar yang kami sediakan di bagian bawah tulisan ini ya!

jangan lupa untuk share postingan ini dan selamat belajar…terima kasih

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *