Tentang Paten Software

Perangkat lunak adalah materi yang dapat dipatenkan di Amerika Serikat. Ada beberapa pembatasan, seperti bahwa perangkat lunak harus diwujudkan dalam mesin, tetapi penemuan perangkat lunak secara teratur diberikan perlindungan paten. Namun, ada oposisi yang kuat untuk melindungi penemuan perangkat lunak, dan banyak negara, terutama negara-negara Uni Eropa, tidak mengizinkan paten penemuan perangkat lunak.

Penentangan terhadap paten perangkat lunak didasarkan pada sejumlah argumen yang baik termasuk bahwa paten menghambat inovasi dan persaingan, bahwa banyak paten yang luas dan jelas diberikan, dan bahwa Amerika Serikat Paten dan Trademark Office (USPTO) tidak memiliki keahlian yang diperlukan untuk mengevaluasi penemuan perangkat lunak. Ada beberapa kebenaran pada argumen ini, tetapi melindungi inovasi perangkat lunak lebih penting daripada sebelumnya karena begitu banyak pertumbuhan ekonomi dan inovasi berpusat pada produk perangkat lunak.

Memang benar bahwa paten perangkat lunak menghambat inovasi dan persaingan. Itulah tujuan dari paten apa pun, untuk memberi penemu hak untuk mengecualikan orang lain dari mempraktekkan penemuannya. Semua masyarakat modern memberikan hak-hak non-kompetitif yang tidak inovatif kepada penemu karena satu alasan – mendorong lebih banyak inovasi daripada yang tidak disarankan.

Penemuan adalah proses yang sulit, memakan waktu, dan mahal. Sangat sulit untuk mendapatkan sesuatu yang baru untuk bekerja dengan cara yang bermanfaat. Sebaliknya, menyalin sebuah penemuan itu mudah, cepat, dan murah. Tanpa paten, akan ada sedikit insentif untuk berinovasi karena menyalin jauh lebih mudah. Kami melihat ini hari ini di negara-negara dengan perlindungan paten yang lemah – menyalin jauh lebih populer daripada berinovasi.

Namun, paten yang buruk dapat menghambat inovasi. Paten buruk secara umum terlalu luas, melindungi jauh lebih banyak daripada yang diciptakan penemu. Paten yang luas dapat menghentikan semua inovasi dalam segmen teknologi besar dengan memberi satu penemu semua hak atas solusi yang sangat umum, meskipun penemu tidak pernah mengembangkan atau bahkan mempertimbangkan semua solusi yang tercakup dalam klaim patennya.

Sayangnya, ada sejumlah paten laut yang tidak proporsional untuk penemuan perangkat lunak. Salah satu alasan untuk ini adalah bahwa begitu banyak teknologi perangkat lunak kami adalah penemuan baru. Kami dekat dengan Big Bang dari inovasi perangkat lunak, sehingga banyak konsep perangkat lunak inti masih dilindungi oleh hak paten. Sebagai contoh, pertumbuhan eksplosif internet masih dalam jangka waktu dua puluh tahun dari paten, begitu banyak inovasi perangkat lunak dasar seperti pemesanan satu-klik dilindungi oleh hak paten. Ini mirip dengan masa-masa awal industri otomotif ketika paten mencakup sebagian besar teknologi otomotif dasar seperti roda kemudi dan kereta penggerak.

Akibatnya, pemrogram dapat melanggar paten menggunakan prinsip desain yang relatif mendasar. Sebaliknya, inovasi inti teknologi lama seperti logika elektronik atau desain mesin tidak lagi dilindungi oleh paten, sehingga prinsip desain dasar dapat digunakan tanpa melanggar paten.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *